Ancaman Penyakit Zoonosis Meningkat


Informasi terbaru Ancaman Penyakit Zoonosis Meningkat kami sediakan khusus untuk pembaca setia belibego.blogspot.com, semoga informasi Ancaman Penyakit Zoonosis Meningkat memberikan pengetahuan lebih untuk kita semua. JAKARTA, MP - Ancaman penyakit infeksi yang menular dari hewan ke manusia atau zoonosis meningkat dalam beberapa tahun terakhir sehingga pemerintah harus memberikan lebih banyak perhatian pada upaya pencegahan dan pengendalian penyakit menular tersebut.

"Lebih banyak perhatian harus diberikan pada penyakit-penyakit baru yang muncul akibat kedekatan hubungan antara hewan dengan manusia yang bisa menular," kata Kepala Pengembangan Program pada Divisi Pengembangan Kapasitas Kesehatan Masyarakat Global di Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, Henry Walke di Atlanta, Rabu (10/3).

CDC, kata Walke usai berbicara dalam pelatihan komunikasi risiko selama masa krisis dan kedaruratan, mempunyai perhatian khusus pada upaya pengendalian zoonosis di berbagai negara.

Hal itu, menurut dia, harus dilakukan mengingat selama ini sebagian besar wabah penyakit menular baru yang terjadi disebabkan oleh zoonosis termasuk diantaranya influenza A H5N1 atau flu burung dan influenza A H1N1 atau flu babi.

"Indonesia sebagai negara dengan populasi penduduk dan hewan tinggi sebaiknya memberikan perhatian khusus terhadap upaya pengendalian penyakit ini," katanya.

Dia mengatakan negara-negara dengan risiko penularan zoonosis tinggi harus meningkatkan kapasitas mereka dalam mendeteksi dan merespon kejadian zoonosis.

"Infrastruktur kesehatan masyarakat harus disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya kejadian luar biasa penyakit-penyakit seperti ini," katanya.

Keberadaan sistem intelijen epidemi, ia menambahkan, juga sangat penting untuk mendeteksi secara cepat kemunculan zoonosis yang berpotensi menimbulkan wabah penyakit dan pandemi.

Sementara itu, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Kesehatan Tritarayati mengatakan pemerintah Indonesia telah mempunyai sistem pengendalian penyakit zoonosis.

Pemerintah, kata Tritarayati , juga berencana membentuk komite yang khusus menangani pengendalian penyakit zoonosis. (red/*b8)

Tinggalkan komentar anda tentang Ancaman Penyakit Zoonosis Meningkat jika anda suka dengan artikel yang kami suguhkan.

0 comments:

Post a Comment